Sabtu, 18 Desember 2010

Sepak Bola Mempersatukan Kita...

JAKARTA, KOMPAS.com — Ajang AFF 2010 seakan membangkitkan energi seluruh masyarakat negeri ini untuk bersama berteriak lantang, "Menanglah, Indonesia!". Semua berbicara tentang performa Tim Nasional Indonesia yang berhasil menundukkan lawan-lawannya. Prestasi yang sudah lama tak dirasakan dari lapangan hijau.

Harus kita akui bahwa bola mempersatukan kita.
-- Daniel Sparringa

Mereka yang jauh dari urusan si kulit bundar pun merasakan euforia yang sama. Tak terkecuali Staf Khusus Presiden Bidang Politik, Daniel Sparringa. Ia melihat, dalam beberapa hari terakhir, semua elemen di negeri ini berhasil dipersatukan oleh sepak bola.

"Harus kita akui bahwa bola mempersatukan kita. Kita harus lebih sering membiasakan diri bahwa yang disebut Indonesia lebih berwarna-warni. Tetapi, ada kalanya kembali ke Merah Putih. Setelah bertahun-tahun bola tak ada prestasi, kemarin itu jalanan sepi, mal sepi, semua orang melakukan hal yang sama, yaitu mendoakan Timnas," kata Daniel, saat mengisi diskusi mingguan "Polemik" di Jakarta, Sabtu (18/12/2010).

Seni dan olahraga, dinilai Daniel, bisa menjadi dua bidang yang mempersatukan bangsa.

Pengamat hukum, Saldi Isra, mengaku menyaksikan pertandingan Indonesia versus Filipina bersama para pengamat hukum lainnya. Pertandingan dua hari lalu itu berhasil memberikan penyegaran di tengah berbagai isu politik hukum yang tengah hangat dibicarakan.

"Tidak penting menang 1, 2 atau 3 gol. Yang penting menang. Daripada kita hadir bersama, tetapi kalah. Kita memang butuh sesuatu yang mempersatukan kita. Bola bisa menggerakkan banyak energi positif bagi bangsa kalau dikelola dengan baik," ujarnya.

Sedikit berkelakar, ia memprediksi, jika pemilihan umum legislatif berlangsung hari ini, para pemain sepak bola akan mendapatkan suara yang tinggi kalau menjadi calon legislatif.

"Kalau pemain bola jadi caleg, bisa dipilih rakyat. Jangan-jangan mengalahkan SBY juga kalau pilpres dilaksanakan hari ini," kata Saldi sambil tertawa.

Euforia sepak bola sejenak berhasil meleburkan perbedaan dan bergabung dalam satu semangat yang sama, yaitu bangga menjadi satu dalam Indonesia.

"Karena itu, kita harapkan sepak bola terus berprestasi," ujar anggota Komisi III Taslim Chani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar