Rabu, 03 November 2010

WIFI


Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Istilah Wi-Fi, singkatan dari Wireless Fidelity, sudah tak lagi asing di telinga para pengakses internet। Kehadiran teknologi tanpa kabel yang canggih ini bukan hanya bisa dinikmati oleh pembawa notebook atau laptop tapi juga sudah bisa dinikmati oleh para pecinta gadget mini semacam PDA maupun ponsel pintar seperti Blackberry,Iphone, dan Android। Ibarat sebuah siaran radio yang hanya bisa diakses sepanjang ada sinyal yang ditangkap oleh antena radio, begitu juga teknologi Wifi bekerja, pemilik perangkat WiFi dapat mengakses internet dimana saja sepanjang ada sinyal WiFi yang dapat diterima.

Wifi sekarang ini sudah cukup popular di kalangan masyarakat digital. Banyak titik-titik strategis yang sudah dilengkapi dengan WiFi yang sengaja dipasang oleh pemerintah bekerjasama dengan vendor internet seperti telkom. Dengan Wifi, para pengguna internet bisa merangkul konektivitas tanpa batas di jaringan yang menjangkau frekuensinya. Sebuanh jaringan tanpa kabel atau Wifi dibangun menggunakan standar 802.11 yang dirilis oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Karena mudah dan murah untuk diaplikasikan dan biaya operasionalnya pun murah, maka teknologi Wifi berkembang dengan pesat dan disukai oleh banyak orang.

Ada beragam standar 802.11 yang ditetapkan oleh IEEE. Untuk koneksi Wifi antar perangkat, ada tiga jenis jaringan nirkabel yang ditetapkan oleh IEEE. MEreka adalah standar 802.11a, 802.11b, dan 802.11g. Yang membedakan masing-masing standar adalah jangkauan frekuensi dan kecepatan transfernya. Kebanyakan perangkat yang dijual saat ini dilengkapi standar 802.11b, meskipun kecepatan transfer datanya lebih lambat daripada kecepatan standar 802.11a. Pasalnya, kebanykan instalasi WiFi saat ini dibangun menggunakan standar 802.11b.

Untuk saat ini, penggunaan akses WiFi bisa dikatakan lebih sebagai konsumsi pribadi walaupun sudah banyak tempat umum seperti taman kota dan kampus yang dilengkapi fasilitas WiFi (hotspot), karena masih beberapa kota saja yang menyediakan. Sebagai konsumsi pribadi sebagai contoh adalah berbagai hotspot yang dipasang di kafe atau hotel-hotel tak lebih untuk lebih menarik minat konsumen untuk datang atau menggunakan fasilitas di tempat tersebut. Keberadaan hotspot memang bisa menjadi nilai tambah bagi cafe dan hotel tersebut karena ada beberapa pengunjung yang datang memang sengaja hanya untuk mencari akses internet.

Teknologi Wi-Fi memang selalu berkembang. Saat ini operator selular juga sudah mulai melakukan penetrasi bisnis di jaringan akses internet nirkabel dengan biaya yang murah. Contohnya paket Telkomsel Flash yang dikeluarkan oleh telkomsel, hanya dengan 125rb/bulan pelanggan dapat melakukan akses internet unlimited. Sungguh suatu kemajuan teknologi WiFi yang harus dimanfaatkan oleh pengguna akses internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar