Jumat, 08 Oktober 2010

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

PENDAHULUAN

Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu sistem informasi yang melakukan semua pengolahan data transaksi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Ide sebuah sistem informasi telah ada sebelum munculnya komputer. Namun komputer membuat ide tersebut menjadi sebuah kenyataan. Organisasi atau sebuah perusahaan selalu membutuhkan sistem-sistem itu untuk mengumpulkan , mengelola , menyimpan, melihat kembali, dan menyalurkan sebuah informasi. Komputer telah menambahkan sebuah teknologi baru dan ampuh pada sistem informasi. Sebuah sistem informasi berdasarkan komputer akan berbeda dengan sistem-sistem yang diolah secara manual atau elektro-mekanis. Pemakaiatun komputer untuk mejalankan pengolahan administrasi adalah sederhana tetapi menerapkan komputer untuk memberikan dukungan pada manajemen akan lebih rumit. Maka dengan itu harus adanya pemahaman tentang konsep dasar sistem informasi manajemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan.


PEMBAHASAN

GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem merupakan sesuatu yang abstrak ataupun fisik. Sebuah system abstrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling bergantung contohnya : Sistem etologi yaitu sistem yang mempunyai dasar tentang TUHAN, manusia dan seluruh alam.Sistem fisik adalah Sistem yang dapat dilihat dan dilakukan oleh indera manusia. Model dasar system yaitu masukan,pengolahan, penyimpanan dan keluaran. Fungsi pengelola informasi bukan lagi hanya mengubah data menjadi informasi tetapi juga menyimpan data untuk penggunaan di masa yang akan datang.

Informasi adalah Data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang sangat berguna bagi penerimanya dalam mengambil keputusan. Informasi dalam ruang lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri :

1. Benar atau Salah. Ini berhubungan dengan realitas atau tidak.

2. Baru. Informasi dapat sama sekali baru atau segar bagi penerimanya

3. Tambahan. Informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan baru pada informasi yang telah ada.

4. Kolektif. Informasi dapat menjadi suatu koreksi atas informasi salah atau palsu sebelumnya

Definisi sebuah sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terintegrasi untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

Konsep-konsep Pokok Sistem Informasi Manajemen

a. Informasi

Informasi menambahkan sesuatu pada penyajian yaitu sehubungan dengan waktu dan mutu

b. Manusia sebagai pengolah informasi

Kemampuan manusia sebagai pengolah informasi menentukan keterbatasan dalam system informasi dan mengesankan dasar-dasar rancangan mereka

c. Konsep Sistem

Karena system informasi manajemen sebuah system,maka konsep system perlu untuk memahami dan merancang ancangan pada pengembangan system informasi.

d. Konsep Organisasi dan manajemen

Sistem informasi berada di dalam sebuah organisasi dan dirancang untuk mendukung fungsi manajemen.Informasi adalah yang penting dalam sebuah bentuk organisasi

e. Konsep Pengambilan keputusan

Rancangan SIM bukan hanya mencerminkan rancangan rasional terhadap optimasi,tetapi juga teori keperilakuan pengambilan keputusan dalam organisasi

f. Nilai Informasi

Informasi mengubah keputusan. Perubahan dalam hasil akan menentukan nilai Informasi

Pokok – Pokok Suatu SIM

Suatu system informasi manajemen mengandung elemen-elemen fisik sebagai berikut

1. Perangkat Keras Komputer

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak system umum dan terapan umum,program aplikasi

3. Database

Data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer

4. Prosedur

5. Petugas Pengoperasian


Daftar Pustaka

Gordon B.Davis,1998.SISTEM INFORMASI MANAJEMEN.Jakarta : PT Pustaka Binaman Pressindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar